Total Tayangan Halaman

Jumat, 18 November 2011

Tugas osk III tsi 2011

Jaringan komputer



Perkembangan jaringan komputer pada waktu sekarang ini sudah sangat berkembang. seseorang  dapat berinteraksi dengan orang lain hanya dalam hitungan detik saja bahkan realtime lewat komputer, hal itu semua dapat dilakukan karena jaringan komputer yang telah di buat sedemikian rupa sehingga semua orang dapat melakukan interaksi kapan saja dan di mana saja lewat komputer. Pada awalnya jaringan komputer dilakukan dengan cara yang sangat sederhana, yaitu hanya menghubungkan dua atau tiga buah komputer dengan mnggunakan kabel dan lama kelamaan berkembang menjadi sangat luas. Ada beberapa tipe jaringan komputer yaitu diantaranya adalah LAN(local area network) rangenya mencakup satu gedung perkantoran atau sekolah. MAN(metropolitan area network) range wilayahnya bisa mencakup satu kota,dan yang paling luas adalah WAN(wide area network)range wilayahnya bisa mencakup antar negara. Disini penulis akan membahas salah satu tipe jaringan komputer yaitu LAN.

Definisi LAN (local area network)


LAN adalah sebuah jaringan komputer yang menyambungkan computer dengan daerah cakupan yang terbatas pada jaringan seukuran gedung atau sekolah, lan memiliki kelebihan diantara yang lain yaitu kecepatan transfer datanya yang cepat karena jarak jaringan yang pendek membuat distribusi data menjadi lebih cepat. Standart ARCnet, token ring digunakan pada masa lalu tetapi sekarang sudah memakai ethernet lewat kabel penghubung. Jaringan lan membentuk suatu pola yang di sebut workstation, yang memungkinkan user dapat saling berinteraksi untuk penggunaan bersama dalam satu waktu. Untuk memudahkan penyebaran jaringan dibuatlah berbagai macam topologi untuk memudahkan terbentuknya suatu jaringan.

Sejarah LAN


Meningkatnya permintaan dan penggunaan komputer di universitas dan laboratorium penelitian di akhir 1960-an yang dihasilkan dari kebutuhan untuk kecepatan tinggi interkoneksi antara komputer. Pada tahun 1970 dari Laboratorium Lawrence Radiation merinci pertumbuhan jaringan mereka "Octopus" memberikan indikasi yang baik untuk perkembangan jaringan komputer.
Cambridgering dikembangkan di Universitas Cambridge pada tahun 1974  tetapi tidak pernah dikembangkan menjadi produk komersial yang sukses.
Ethernet dikembangkan di Xerox PARC pada 1973-1975, dan diajukan sebagai US Patent 4.063.220. Pada tahun 1976, setelah sistem ditempatkan di PARC,"Ethernet:. Distributed Packet-Switching Untuk Jaringan Komputer Lokal"
ARCnet dikembangkan oleh Datapoint Corporation di tahun 1976 dan diumumkan pada tahun 1977. Hal itu instalasi komersial pertama di bulan Desember 1977 di Chase Manhattan Bank di New York. Dan sampai sekarang penemuan itupun masih terus berkembang karena kemudaha dalam pembuatan jaringan ini sehingga banyak perkantoran yang menggunakan LAN sebagai akses utama dalam ber koneksi dalam satu gedung.
Pemasangan LAN pun merupakan cara paling simpel dalam jaringan komputer dibanding yang lain. Biaya yang dibutuhkan juga relatif kecil untuk pemasangan jaringan lan ini sehingga jaringan ini sangat sering di pakai.

Topologi jaringan LAN


Dalam pembuatan jaringan lan dibutuhkan pola yang disebut dengan Topologi. Topologi terbagi menjadi dua macam yaitu topologi fisik dan topologi logika. Topologi fisik adalah topologi yang menggunakan media kabel sebagai media jaringannya. Sedangkan topologi logika adalah jaringan yang menggambarkan proses host to host saling berhubungan antara yang satu dengan yang lain. Ada dua tipe topologi logika yaitu broadcast dan token passing.
Topoligi fisik antara lain

·     Bus
Semua simpul mempunyai kemungkinan yang sama untuk berhubungan dengan simpul lain. Jaringan tidak tergantung dari satu pusat. Bila salah satu simpul rusak sistem tetap beroperasi. Jaringan memerlukan perangkat lunak yang lebih canggih untuk mengatur keadaan jika pada saat yang bersamaan dua atau lebih simpul hendak melakukan hubungan.

·      Star
Kontrol dipusatkan, semua link harus melalui pusat (stasiun primer) yang menyalurkan data tersebut ke simpul (terminal) atau secondary station yang dipilih. Setelah hubungan jaringan dimulai oleh pusat maka terminal seakru-waktu dapat mempergunakan hubungan jaringan tersebut tanpa harus menunggu perintah dari komputer pusat (server). Bila pusat terganggu maka saluran hubungan terganggu.

·   Ring
Setiap simpul dihubungkan dengan bentuk lingkaran. Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama. Jaringan disebut juga loop network. Data dikirimkan ke tiap-tiap simpul dan simpul yang dituju akan menerima data. Apabila salah satu simpul tidak bekerja maka hubungan komunikasi akan terputus sehingga sebagian dari pusat atau simpul idak dapat berkomunikasi. Hal tersebut dapat diselesaikan dengan melakukan proses by pass (simpul yang tidak bekerja dihindari).

·    Tree
Disebut juga dengan multi level hierarchical network. Mempunyai beberapa tingkatan simpul. Pusat atau simpul yang lebih tinggi tingkatannya dapat mengatur simpul lain yang lebih rendah tingkatannya. Data dikirimkan dari pusat yang satu ke pusat yang lain melalui tingkatan simpul-simpul tersebut sebelum sampai ke tujuan. Bila pusat yang lebih tinggi tidak bekerja maka simpul yang berada langsung di bawahnya tidak dapt dihubungi. Sehingga jaringan sangat tergantung pada pusat yang tertinggi tingkatannya

·      Mesh
Merupakan topologi yang merupakan kombinasi dari topologi yang ada.

Perangkat LAN

1. Repeater
2. Hub
3. Bridge
4. Switch
5. Router
6. Access Point
7. Gateway


Instalasi Jaringan LAN
Perangkat yang dibutuhkan :
  • NIC (Network Interface Card) Bila Ethernet Card Onboard tidak ada
  • Kabel UTP
  • RJ 45
  • Crimping Tool (Tang)
  • Cable Tester
Setelah perangkat diperlukan tersedia mulai dengan menentukan Jenis Jaringan yang akan kita bangun, yaitu Peer to Peer atau Client Server. Karena pastinya kita akan menggunakan jenis pemasangan kabel yang berbeda juga. Seperti yang akan kita bahas ini.
Jenis Pemasangan Kabel pada Jaringan :



Peer to Peer


Client Server
  • Pasanglah kabel UTP ke RJ45 anda seperti gambar jenis kabel untuk client server diatas Yaitu setiap ujung kabel sama (Tidak seperti Cross)
  • Kunci dengan Crimping Tool
  • Kemudian Tes lah kabel anda dengan Cable Tester. Pastikan setiap lampu yang hidup pada Cabel tester sama
  • Jika terdapat lampu yang tersilang atau tidak hidup, maka gantilah dengan RJ45 yang baru lagi. (lakukan langkah point 1 – ), hingga lampu yang menyala itu benar – benar sama.
  • Pasanglah kabel yang telah diinstal tadi ke NIC dan HUB.
  • Ikuti langkah – langkah Konfigurasi
Disini kita akan menggunakan metode Client Server karena saya menggunakan HUB sebagai media pembagi jaringannya.

Konfigurasi Jaringan LAN

Setelah selesai dengan instalasi Kabel dan NIC maka langkah selanjutnya adalah konfigurasi jaringan pada sistem yang digunakan, disini saya hanya membahas konfigurasi jaringan pada sistem windows saja, ya bila ada waktu luang nantinya mungkin bisa dilanjut dengan konfigurasi di sistem Linux.
Oke kita mulai konfigurasinya, beberapa hal penting pada konfigurasi jaringan adalah :
  1. Computer Name Harus beda
  2. Workgroup harus sama
  3. IP Address harus beda
  • Setting Computer Name dan WorkGroup
Untuk setting Computer Name terdapat beberapa langkah yaitu :
  1. Click Kanan pada Icon My Computer pilih Properties

  1. Pada kotak dialog propertis my computer pilih tab Computer Name
  1. Klik Tombol Change dan isikan Computer Name dan WorkGroup nya
  1. Klik OK maka system akan meminta untuk restart klik OK.
  2. Setelah selesai pada tahapan ini, sebenarnya Komputer anda telah terkoneksi / terhubung dengan jaringan. Akan tetapi IP addressnya masih bersifat dinamis. Maka perlu kita tambahkan dengan setting IP Address.

Sumber sumber :           wikipedia.com
ginigitu.com/tips-trik/instalasi-dan-konfigurasi-jaringan-lan.html
Modul ke 11 SIM PTIK 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar